Visi Misi dan Tujuan

Sebagai bagian dari Universitas Andalas, Program Pascasarjana Unand dan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, visi Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Unand mendukung, melaksanakan dan mewujudkan visi induknya. Untuk mewujudkan ini, maka visi Program S3 Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Unand adalah :

VISI

Menjadi salah satu Lembaga Pendidikan Penghasil Doktor dalam Ilmu Kedokteran yang unggul di Indonesia pada tahun 2020 yang berbasiskan Biomolekuler dalam aspek masalah kesehatan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan dalam Ilmu Kedokteran untuk menghasilkan Doktor yang berbudi luhur dan berperan dalam pembangunan

2.  Mengembangkan penelitian bermutu dibidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang mencakup asfek biomolekuler serta masalah kesehatan masyarakat di Indonesia

3. Mengupayakan alih teknologi dalam bidang Ilmu Kedokteran terutama asfek biomolekuler pada masalah kesehatan untuk kepentingan masyarakat

4. Menggalakkan, menyiapkan dan melaksanakan penelitian dalam bidang Ilmu Kedokteran yang layak publikasi dalam media nasional dan internasional, dimana hasil penelitian ini dapat dipatenkan.

5. Mencari dan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi didalam dan luar negeri, sehingga bisa dihasilkan joint research antar institusi.

TUJUAN

            Tujuan Program Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menghasilan lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  1. Memiliki iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, integritas pribadi yang tinggi, jujur dan menghayati etika ilmu.
  2. Mampu mengikuti perkembangan Ilmu Kedokteran terutama dalam aspek biomolekuler untuk kepentingan kesehatan masyarakat.
  3. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep baru didalam bidang ilmu kedokteran melalui penelitian, terutama tentang aspek biomolekuler dalam masalah kesehatan di Indonesia
  4. Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan dalam keahliannya untuk memecahkan masalah penelitiannya baik melalui pendekatan interdisipliner untuk kepentingan masyarakat.
  5. Mampu melaksanakan, mengorganisasikan dan memimpin penelitian dalam Ilmu Kedokteran yang berguna untuk kesehatan masyarakat.
  6. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil penelitiannya baik dengan sejawat maupun dengan khalayak yang lebih luas.

Berdasarkan latar belakang pembukaan program Doktor, visi, misi dan tujuan pendidikan yang telah dikemukakan, maka sasaran yang hendak dicapai antara lain adalah :

  1. Memenuhi kebutuhan sumber daya manusia berkualifikasi Doktor, terutama sebagai tenaga peneliti dan pengajar bidang Ilmu Kedokteran untuk menemukan inovasi dan teknologi baru tentang pengelolaan dan pemanfaatan temuan biomolekuler dalam masalah kesehatan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional yang di hadapkan pada era industrialisasi dan globalisasi.
  2. Meningkatkan jumlah cendekiawan bidang Ilmu Kedokteran dengan kekhususan kompetensi pendekatan biomolekuler masalah kesehatan yang bermutu dan berwawasan luas, baik untuk kepentingan daerah, maupun bagi kepentingan nasional dan internasional.
  3. Melengkapi dan menyempurnakan jenjang pendidikan di Universitas Andalas, sesuai dengan rencana strategis Universitas Andalas.
  4. Ikut aktif mendorong Universitas Andalas menjadi World Class University.
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply